Minggu, 29 Januari 2017

Bagaimana Cara Kerja Investasi Saham Di Perusahaan?

Bagi masyarakat awam, saham dan investasi merupakan suatu hal yang tidak hanya dipahami melalui telinga saja, bagaimana cara kerja investasi saham ini belum banyak orang yang mengetahui dan memahaminya dengan baik dan jelas. Padahal melakukan investasi apalagi dalam bentuk saham merupakan salah satu hal yang menarik dan menguntungkan terlebih bila kita hendak bergelut dengan bisnis. 

Sebagai seorang yang tertarik di bidang bisnis, adalah sebuah keharusan bagi kita untuk mengetahui beragam hal yang berkaitan dengan instrumen bisnis termasuk salah satunya investasi dan saham. Akan tetapi belum banyak yang mengetahui secara mudah bagaimana cara menjalankannya. Oleh karena itu, dalam ulasan ini dibahas mengenai langkah mudah menanam investasi saham.

Langkah Mudah Melakukan Investasi Saham


Cara kerja investasi saham sebenarnya bisa dibuat dengan skema yang lebih sederhana dari sesungguhnya. Mudahnya bagi pemula untuk membayangkan bagaimana sistem kerja investasi ini adalah dengan menganalogikannya dengan sebuah pasar. Investasi saham tidak lepas dari yang namanya Bursa Efek, ini adalah tempat dimana kita akan menjual dan membeli saham, dengan kata lain tempat dimana seluruh transaksi bisnis saham terjadi. Di sinilah kita akan bisa bertemu secara online dengan penjual atau perusahaan yang menawarkan portofolio saham kepada para pemodal. 

cara kerja investasi saham


Status kita adalah sebagai investor atau pemodal. Hal yang kita lakukan adalah dengan bertransaksi dengan perusahaan yang kita incar. Seperti yang diketahui broker atau perusahaan efek adalah pihak yang menawarkan saham mereka kepada para pemodal. Ibaratnya seperti menawarkan sebuah kios di pasar untuk di sewa kepada para pembeli. Kita akan berhubungan dengan para broker untuk bisa melakukan deal transaksi. Mudahnya kita juga dapat berkomunikasi dengan pihak pialang saham untuk mengkonsultasikan investasi yang akan kita lakukan. Cara kerja investasi saham dapat dilakukan dengan biaya minimum yang terjangkau bagi semua orang.

Minimum Dana Investasi Saham


Banyak orang yang salah memahami bahwa dalam melakukan investasi saham selalu diperlukan biaya yang mahal. Padahal investasi tidak selalu dilakukan dengan mengeluarkan biaya yang besar. Pada dasarnya investasi saham dapat dilakukan dengan modal yang sangat kecil. Minimum biaya yang dibutuhkan bagi seseorang untuk bisa menjadi seorang pemodal atau investor adalah dengan membeli dalam bentuk lot. Lot adalah batas minimum saham yang harus kita beli atau jual. Satu lot berisi 100 saham. Harga per lembar saham bervariasi. Namun umumnya bisa dikatakan murah.

Kita bisa melakukan transaksi saham bahkan hanya dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 100.000 dengan perincian harga per lembar saham untuk sebuah perusahaan adalah sekitar Rp. 1000. Apabila dikalikan sejumlah 100 lembar saham untuk 1 lot batas minimum transaksi saham maka biaya yang dikeluarkan adalah sekitar Rp. 100.000 belum termasuk dengan instrumen biaya lainnya seperti komisi untuk pialang saham serta ppn sejumlah 10%. Sekilas nampak mudah dan murah dalam melakukan cara bermain saham dengan modal kecil. Tentunya apabila kita tertarik untuk terjun secara serius di dunia bisnis maka hal ini bisa menjadi sebuah langkah belajar yang tepat dan jitu bagi kita.

Tidak ada salahnya apabila kita tertarik untuk belajar bertanam saham, apalagi melihat keuntungan yang akan diterima juga cukup menggiurkan. Selain itu, kita juga akan memegang status sebagai pemilik saham atau pemodal sehingga memiliki peran dalam perusahaan. Apabila kita membeli saham dalam jumlah yang banyak dan besar maka kita memiliki hak untuk mengambil sebuah kebijakan dalam sebuah perusahaan tersebut. 

Apabila perusahaan yang menjadi investasi kita memiliki kinerja yang baik dan stabil maka keuntungan yang tinggi akan kita dapatkan sedangkan apabila perusahaan tersebut mengalami penurunan maka saham kita pun akan menurun. Meski cara kerja investasi saham nampak riskan namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

 
Back To Top