Rabu, 25 Januari 2017

Belajar Dari Pengalaman Investasi Saham

Seperti hari-hari biasanya, perkembangan dari bisnis saham juga mengalami pasang surut tentunya. Hal ini juga dikarenakan saham sendiri bergantung pada hal lain yang anda di dunia nyata. Oleh karena itu, pengalaman investasi saham juga akan membuat seorang pemilik saham menjadi lebih bijak. Bijaknya pemilik saham tentu akan membuat dia dapat memanfaatkan keuntungan secara maksimal serta mengurangi resiko kerugian dalam berinvestasi. Berikut ini akan saya tunjukan beberapa sumber pengalaman yang akan memberikan pelajaran bagi para pengelola saham pemula.

Pengalaman Keuntungan

Pengalaman keuntungan tentu pengalaman yang sangat bagus. Momen bahagia biasanya diabadikan, dan begitu pula pada dunia saham, seharusnya anda mengingatnya dengan cara yang berbeda. Mengingat moment keuntungan bisa dilakukan dengan membuat sebuah catatan keuangan untuk dilakukan. Catatan ini bisa dilakukan dengan cara merekap berapa persen kah titik dimana saham biasanya naik dan di titik berapakah saham yang naik akan berhenti ataupun mulai menurun. Dengan catatan seperti ini, anda bisa membaca pola pasar melalui pengalaman dari investasi saham tersebut.

Pengalaman Kerugian

pengalaman investasi saham

Pengalaman yang biasanya membuat kita ingat sekali adalah pengalaman buruk dan pada kasus jual beli saham, kerugian merupakan hal yang sulit karena terjadi sangat cepat terjadi. Pada kasus pengalaman investasi saham kerugian ini, kita juga seharusnya mencatat dimana titik yang aman untuk menjual saham sehingga anda tidak menderita ketika menghadapi kondisi dimana anda akan merasakan kerugian yang besar. Anda bisa mulai membatasi diri untuk menjual saham ketika anda berada di keadaan yang mulai tidak menguntungkan ketika menjadi pemegang saham.

Pengalaman Kedisiplinan

Menjadi seorang pemain saham membutuhkan anda menjadi seorang yang disiplin. Ketika anda menjadi pemilik saham, pertama, anda harus menentukan titik atas dan titik bawah ketika anda akan menjual saham anda. Hal ini untuk membatasi anda agar tidak terlanjur serakah pada sebuah saham dan mampu menggunakan kesempatan sebaik mungkin. Kesempatan yang baik ini didapat dengan kedisiplinan tersebut dan ketika anda membeli, anda pasti tidak akan mengalami penyusutan pada modal anda dengan cepat. Ini merupakan pengalaman investasi saham yang penting dan perlu diasah melalui proses latihan terus-menerus.

Pengalaman Terhadap Isu Ekonomi

Hal yang paling sering kurang diperhatikan saat berbisnis investasi ini adalah isu-isu ekonomi atau isu yang dapat mempengaruhi kestabilan ekonomi. Pada posisi seperti ini, saham sangat rentan berubah harganya karena banyak sekali pengaruh. Misalnya sebuah perusahaan terikat dengan suatu instansi kepemerintahan atau kementrian terkait kemudian terjadi pergolakan di dalam lembaga tersebut, tentu saja perusahaan yang bekerja sama akan terkena imbasnya pula.

Oleh karena itu, pengalaman di investasi saham pada kasus seperti ini menambah kepekaan terhadap kondisi ekonomi. Isu politik dan isu lainnya juga secara tidak langsung mempengaruhi harga saham sendiri dan biasanya, anda bisa melihatnya melalui televisi untuk mendengarkan berita.

Sekarang anda tahu betapa pentingnya pengalaman investasi saham. Pengalaman ini membantu para investor untuk menghadapi berbagai masalah dan kondisi yang ada dalam bisnis. Pengalaman menambah kepekaan terhadap sistem bisnis ini dan tentunya, membuat orang dapat mengambil keputusan bijak sebelum mengalami kerugian yang tidak diinginkan atau melewatkan sebuah kesempatan yang besar. Di awal anda meniti karir dalam bisnis ini, perbanyaklah pengalaman ini dan tentunya, jangan takut mencoba untuk mengambil keputusan yang menantang.

 
Back To Top