Minggu, 29 Januari 2017

Cara Investasi Reksa Dana Saham Di Republik Indonesia

cara investasi reksadana saham
Ketika kita berbisnis investasi saham, biasanya kita akan dihadapkan pada dua pilihan. Pilihan pertama yaitu investasi pada saham itu sendiri dan yang kedua adalah investasi dalam bentuk reksa dana. Kelebihan dari reksa dana saham sendiri adalah keuntungan yang didapat tergolong paling tinggi dibandingkan dengan investasi saham lainnya. Biasanya investasi ini diberikan dalam jangka waktu yang panjang semisal investasi selama 5 tahun. Namun, walaupun keuntunganya besar, reksa dana juga memiliki resiko tertinggi dalam bisnis saham ini jadi jika anda ingin memulai investasi ini, anda harus memikirkan matang-matang pemilihan saham dan tujuanya. Berikut akan saya sebutkan cara investasi reksa dana saham.

Menetapkan Tujuan Investasi

Pada poin pertama, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, reksa dana merupakan jenis investasi yang dilakukan untuk jangka waktu yang panjang. Jangka waktu panjang sendiri berkisar dari satu sampai dua tahun untuk reksa dana, 5 tahun untuk jangka waktu menengah, dan di atas 5 tahun untuk jangka waktu 5 tahun ke atas. Ketika anda memilih semua hal tersebut, pastikan anda sudah tahu bahwa kedepanya, anda akan menggunakan keuntungan untuk investasi tersebut karena di jangka waktu yang lama tersebut, anda akan lupa dengan tujuan anda dan membuat anda bingung. Itulah tips investasi reksa dana saham.

Kenali Resiko Anda



Ketika anda bermain dengan sistem reksa dana, cara investasi reksa dana saham yang pertama adalah dengan mengerti tentang resiko anda. Pada sistem reksa dana, biasanya dikenal dengan istilah high risk high return. Hubungan timbal balik antara resiko dan keuntungan pada investasi reksa dana sangatlah besar. Ketika anda menanam saham reksa dana yang besar, kemungkinan kerugian yang akan anda dapatkan juga besar, namun, kemungkinan dari keuntungan yang akan anda dapat juga besar tentunya. Dengan begitu, jika anda memulai bisnis ini, pastikan anda siap dengan resikonya juga.

Memilih Reksa Dana

Setelah anda memantapkan diri untuk membeli reksa dana, cara investasi reksa dana saham selanjutnya adalah dengan memilih investasi reksa dana yang anda inginkan. Untuk memilih, anda perlu membuka web penyedia untuk investasi ini ataupun melihat berita dari majalah atau media lainnya. Biasanya, di media tersebut akan tertulis penyedia jasa, harga jasa dari reksa dana, dan penilaian terhadap kinerja perkembangan dari investasi saham tersebut dalam kurun waktu tertentu. Informasi biasnya diberikan secara rinci untuk setiap produk reksa dana.

Dalam cara memilih investasi reksa dana saham lebih lanjut, anda akan disarankan untuk memperdalam observasi anda pada satu perusahaan yang menarik perhatian anda. Di saat itu, anda harus mencari tahu beberapa hal penting dalam investasi tersebut. Pertama, anda bisa lihat dari nama produk, kemudian kinerja produk, kebijakan investasi dari perusahaan, biaya-biaya untuk berinvestasi reksa dana, tat cara pembelian dan penjualan dari reksa dana, dan berbagai informasi details lainnya tentang perusahaan yang akan anda jadikan tempat berinvestasi.

Itulah semua hal yang penting ketika anda ingin mempelajari cara investasi reksa dana saham. Investasi reksa dana memang lebih menenangkan dan jauh tidak melelahkan dibandingkan dengan investasi saham. Anda hanya perlu mengembangkan cara yang baik untuk menangani diri anda dalam kepanikan dan menunggu hingga waktu membaik. Reksa dana adalah investasi jangka panjang jadi banyak kemungkinan bisa terjadi dalam kurun waktu yang panjang tersebut.

 
Back To Top