Senin, 23 Januari 2017

Cara Investasi Saham Bagi Pemula Yang Aman dan Menguntungkan

cara investasi saham bagi pemula yang aman
Saham merupakan alat bukti suatu kepemilikan atas perusahaan, jadi jika anda memiliki saham dari sebuah perusahaan, anda akan mendapatkan keuntungan dan hak kepemilikan dari perusahaan tersebut. Semakin besar saham yang anda miliki, akan semakin besar pula otoritas anda di perusahaan. Buat para pemula memulai investasi saham, pasti memiliki ketakutan sendiri. Apalagi belum paham mengenai kinerja dari pasar bursa saham. Investasi saham memang memiliki keuntungan yang besar, tetapi juga bisa mendapatkan kerugian yang besar. Oleh karena itu kehati-hatian sangat diperlukan dalam investasi ini. Inila cara investasi saham bagi pemula yang aman.

Jangan Membeli Satu Jenis Saham

Jangan membeli saham hanya satu jenis saja. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi hal yang tak diinginkan dalam pasar saham. Misalnya harga saham yang menurun. Jadi ketika anda membeli saham yang sama, jika saham tersebut mengalami kerugian maka anda akan memperoleh kerugian yang lebih besar. Anda bisa membeli 2-4 jenis saham. Lalu setiap jenis mendapatkan jumlah dana yang sama besar. Dalam waktu tertentu anda bisa melakukan tranding pada salah satu jenis saham, sesuai dengan konsisi pasar pada saat itu. Jangan lupa untuk memilih saham yang siklus trendya selalu baik dan sering mengalami kenaikan.

Lihat Likuiditas Perusahaan



Cara investasi saham bagi pemula selanjutnya adalah dengan melihat likuiditas dari perusahaan tersebut. Likuiditas merupakan kemampuan dari perusahaan untuk memenuhi semua kewajiban jangka pendeknya. Jadi jika kemampuan likuiditas perusahaan tersebut jelek lebih baik jangan mengambilnya. Untuk mengetahui baik tidaknya likuiditas sebuah perusahaan, anda bisa mengeceknya di website resmi dari bursa efek indonesia. Nanti anda akan melihat rincian keuangan dari setiap perusahaan. Anda bisa melihat bagaimana keuangan mereka untuk melunasi hutang yang dipunyai perusahaan. Lihatlah rincian keuangan per triwulan. Pergerakan saham setiap harinya,

Perusahaan Broker Atau Perusahaan Sekuritas

Ada banyak sekali jenis perusahaan yang menjual sahamnya. Ada perusahaan broker atau perusahaan sekuritas. Hal ini membuat anda harus berhati-hati dalam membeli saham. Pastikan saham yang anda beli terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK). OJK merupakan lembaga yang bertanggungjawab atas keabsahan dan kelegalan dari perusahaan yang menjual sahamnya. Selain itu perhatikan juga likuiditas dari perusahaan broker yang menjamin emisi efek (perantara perdagangan efek). Untuk memastikan hal ini, anda juga bisa cek di website resmi bursa efek indonesia. Pastikan laporan keuangan ya sudah di audit oleh auditor independence yang sesuai dengan badan pengawas pasar modal.

Lakukan Deposit Modal Awal

Pada saat melakukan cara investasi saham bagi pemula, jangan lupa untuk melakukan deposit modal anda. jika anda sudah menemukan perusahaan sekuritas yang baik, kini anda harus mendepositkan modal. Tentukan berapa besar modal yang akan anda investasikan pada saat melakukan tranding. Setiap perusahaan broker punya batas deposit. Jadi anda harus tahu berapa batas deposit dari broker yang anda pakai. Ada 4 bank yang bisa digunakan untuk deposit yaitu bank permata, bank mandiri, bank BCA dan CIMB niaga. Nantinya rekening anda di bank tersebut akan langsung terkoneksi perusahaan sekuritas.

Metode Trading Yang Bagus

Setelah mendepositkan modal awal. kini anda harus memilih metode trading yang sesuai dan bagus. Ada dua cara jual beli saham yang bisa anda lakukan. Pertama dengan cara online trading menggunakan perusahaan sekuritas dan melalui pialang saham atau sales broker. Jika menggunakan broker, anda bisa berhubungan lewat telepon. Untuk online trading harus melalui aplikasi trading. Setiap metode memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Jadi pilih yang paling tepat. Sekian artikel tentang cara investasi saham bagi pemula yang aman. Semoga bermanfaat.

 
Back To Top