Minggu, 29 Januari 2017

Cara Investasi Saham Di Pasar Modal Republik Indonesia

Jika anda sudah mengenal tentang bisnis saham, saya yakin anda akan ingin memulai bisnis ini. Bisnis ini cenderung mudah untuk dilakukan dan tentunya tidak memakan tenaga dan waktu yang banyak. Anda bisa menggunakanya sebagai sambilan saat bekerja yang lain. Jika anda ingin berkecimpung di bisnis ini, tentu anda harus tahu terlebih dahulu cara investasi saham di pasar modal. Pasar modal sendiri merupakan pasar dimana saham ini diperjual-belikan. Di pasar modal ini ada saham dari berbagai perusahaan yang akan anda beli untuk nantinya dijadikan pegangan dalam berbisnis investasi ini.

Jenis Investasi Pasar Modal

Pada poin pertama, sebelum anda membeli saham, anda harus tahu terlebih dahulu jenis dari investasi saham di pasar modal ini sendiri. Setiap investasi tentu menyajikan perbedaan fungsi pula sehingga anda harus mempelajari setiap investasi dengan baik. Investasi tersebut adalah investasi saham, investasi reksadana, investasi pasar uang, investasi obligasi, investasi tabungan, serta deposito. Anda bisa memilih salah satu jenis itu ketika anda ingin membuat investasi di pasar modal yang anda lakukan. Sekarang, mari kita belajar tentang cara investasi saham pasar modal.

Membuat Akun Bursa Efek

cara investasi saham di pasar modal


Setelah anda mempelajari jenis dari investasi di pasar modal, cara investasi saham di pasar modal selanjutnya adalah membuat akun rekening bursa efek. Akun ini akan digunakan untuk melakukan jual beli di pasar modal. Anda akan memiliki rekening yang akan digunakan untuk bertransaksi saham dan biasanya dilakukan dengan sistem online. Ketika anda ingin mendapatkan hal yang baik, anda sebaiknya memulai dengan modal kecil dahulu agar anda tidak mengalami kerugian besar ketika belajar. Modal saham sendiri bisa dimulai dari 100 ribu dan beberapa tambahan uang guna mengurus administrasi dari pembuatan akun tersebut.

Membeli Saham di Pasar Perdana

Biasanya, ketika kita memulai, kita akan mendapatkan harga saham yang cukup terjangkau pada pasar perdana untuk saham. Di pasar perdana ini, biasanya perusahaan menawarkan penawaran umum pertama kali karena sebuah perusahaan baru saja mencatatkan sahamnya di bursa efek Indonesia. 

Karena ini merupakan pembukaan saham, biasanya kesempatan yang cukup tinggi terbuka bagi pembeli saham. Pembeli saham tapi terlebih dahulu harus mengobservasi perkiraan masa depan dari perusahaan tersebut sehingga dapat diperkirakan bagaimana perkembangan dari nilai saham ke depanya. Itulah cara investasi saham di pasar modal ketika anda menggunakan pasar perdana.

Membeli Saham di Pasar Sekunder dan Reksadana

Setelah itu, cara membeli investasi saham di pasar modal selanjutnya adalah dengan cara membeli di pasar sekunder. Pasar sekunder merupakan pasar modal yang memperjual belikan saham yang sudah tercatat di bursa efek. Untuk membeli di pasar sekunder, seorang pembeli harus menjadi nasabah terlebih dahulu di broker saham atau perusahaan sekuritas yang telah menjadi anggota dari bursa efek sendiri. 

Jadi biasanya, pada poin awal, pasar sekunder agak sulit karena biasanya modal yang dibutuhkan cukup besar. Kemudian, untuk reksa dana, investor hanya perlu datang ke perusahaan yang mengelola reksa dana ini dan mendaftarkan diri sebagai investor. Setelah itu, investor hanya perlu menunggu kabar dari perusahaan sekuritas tersebut.

Seperti yang anda lihat, cara investasi saham di pasar modal tidaklah sulit. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa hal yang simpel dan mendaftarkan diri anda di bursa efek. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika anda mampu memanfaatkan kondisi yang baik dari pasar modal dan tentunya, jangan pernah berhenti belajar dalam pengelolaan modal ini.

 
Back To Top