Senin, 23 Januari 2017

Inilah Keuntungan Investasi Saham yang Wajib Anda Ketahui

Dalam berbisnis atau berinvestasi pastinya ada kekurangan dan keuntungan masing-masing. Termasuk dalam invetasi saham, pastinya memiliki kekurangan dan keuntungannya. Entah itu investasi barang, emas maupun saham. Jika anda ingin investasi saham, seharusnya anda harus tahu apa saja keuntungannya. Ini akan membuat anda lebih yakin untuk mengambil investasi tersebut. Sehingga resiko kerugian juga akan semakin sedikit. Untuk kesempatan kali ini, akan membahas mengenai keuntungan investasi saham terlebih dahulu. Supaya anda lebih tahu bahwa investasi yang anda ambil ini sudah yang paling baik.

Dapat Saham Bonus

Keuntungan pertama yang anda dapatkan adalah bisa memperoleh saham bonus. Tetapi ingat tidak semua perusahaan memberikan jaminan saham bonus. Saham bonus adalah saham yang diberikan oleh perusahaan ke para pemegang saham yang berasal dari agio saham. Agio saham adalah selisih antara harga normal saja dengan harga jual saham dari suatu perusahaan, ketika perusahaan melakukan penawaran di pasar perdana. Dengan adanya saham bonus ini, akan menjadi kelebihan untuk perusahaan tersebut supaya lebih banyak pembeli sahamnya. Jadi pada saat membeli saham, anda bisa lihat apakah perusahan tersebut memberikan jaminan saham bonus atau tidak.

Mendapatkan Dividen

Keuntungan investasi saham selanjutnya adalah mendapatkan dividen. Dividen adalah keuntungan dari perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Keuntungan perusahaan ini akan diberikan oleh perusahaan pada saat rapat umum pemegang saham (RUPS). Nantinya keuntungan dividen ini akan diberikan dalam jumlah uang tunai, sesuai dengan banyaknya saham yang dimiliki pada perusahaan tersebut. Selain berupa uang tunai, juga bisa berbentuk deviden stok. Jadi keuntungannya diambil untuk menambah saham lagi. 

keuntungan investasi saham


Tapi tidak semua keuntungan akan diberikan kepada pemegang saham. Hal ini dikarenakan sebagian keuntungan juga digunakan untuk pengembangan perusahaan dan investasi. Jika perusahaan selalu mendapatkan keuntungan, berarti anda akan mendapatkan keuntungan setiap tahunnya. Tapi jika perusahaan tidak mendapatkan keuntungan berarti anda tidak akan mendapatkan diveden. Pemberian diveden tidak diberikan oleh semua pemegang saham. Pemegang saham harus lulus cum date deviden yaitu pencatatan investor yang memiliki hak menerima diveden. Anda pun bisa menjual saham anda, supaya mendapatkan keuntungan.

Memperoleh Capital Gain

Salah satu keuntungan investasi saham adalah memperoleh capital gain. Capital gain adalah selisih antara harga jual saham dengan harga beli saja,. harga jual biasanya lebih tinggi dibandingkan harga beli. Selisih tersebut muncul karena adanya aktifitas sekunder di luar pasar. Misalnya anda membeli saham dengan harga Rp 1.000.000. lalu anda menjualnya dengan harga Rp 1.500.000. Berarti anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 500.000. keuntungan itulah yang disebut dengan capital gain. Seseorang yang pembeli saham yang mencari capital gain, biasanya hanya ingin investasi jangka pendek saja. jadi mereka hanya mencari keuntungan dalam waktu yang singkat.

Misalnya anda membeli saham pada hari senin, lalu menjualnya pada hari rabu setelah terjadi kenaikan. Tapi ingat tidak selamanya anda bisa mendapatkan keuntungan capital gain, terkadang anda harus menjual saham dengan harga yang lebih rendah karena ada suatu hal. Jadinya anda akan mendapatkan capital lost. Bukanya capital gain.

Contohnya anda membeli saham dengan harga Rp 2.000.000. lalu karena suatu hal anda harus segera menjual saham tersebut daripada harus mengalami kerugian lebih banyak. Maka anda menjual saham dengan harga Rp 1.800.000. berarti anda mendapatkan capital lost sebanyak Rp 200.000 perlembar sahamnya. Itulah sedikit yang bisa dijelaskan mengenai keuntungan investasi saham. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

 
Back To Top