Minggu, 22 Januari 2017

Pengertian Investasi Saham Dan Jenis - Jenisnya

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menggunakan uang anda. Mau dihabis-habiskan atau di investasi. Untuk tabungan hari tua, lebih baik uang di investasikan. Pilihan investasi juga banyak sekali. Anda bisa investasi dalam bentuk deposito, emas, barang, tanah atau saham. Investasi saham menjadi investasi yang cukup menjanjikan saat ini. sebagian besar pembisnis, pasti menginvestasikan uangnya untuk membeli uang. Lalu apa sebenarnya pengertian investasi saham dan apa saja jenisnya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

Pengertian Investasi Saham


Sebelum membahas mengenai pengertian dari investasi saham. Anda harus tahu apa itu saham terlebih dahulu. Saham merupakan surat berharga yang digunakan sebagai tanda kepemilikan suatu perusahaan. Jadi jika anda membeli saham suatu perusahaan, anda berhak atas kepemilikan perusahaan tersebut. Nantinya anda akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan tersebut dalam bentuk dividen. Jadi jika harga saham naik, anda akan mendapatkan keuntungan dari situ. Berarti pengertian dari investasi saham adalah melakukan simpanan dalam bentuk saham untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Lalu saham dibagi menjadi dua yaitu saham biasa dan saham preferen. Berikut ini penjelasannya.

Jenis Saham Biasa (Common Stock)

penjelasan investasi instrumen pasar saham


Setelah mengetahui apa itu pengertian investasi saham, anda juga harus paham mengenai jenis saham. Jenis saham yang pertama adalah jenis saham biasa atau common stock. Saham biasa merupakan sertifikat yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan sebuah perusahaan dan berhubungan dengan semua aspek penting untuk perusahaan. Pemegang saham memiliki hak untuk mendapatkan pendapatan tetap atau diveden dari perusahaan tersebut. Selain itu memiliki kewajiban untuk menanggung sebuah resiko kerugian yang diperoleh perusahaan, jika anda memiliki saham, anda berhak untuk ikut serta dalam mengelola perusahaan yang sesuai dengan hak. Hal pengelolaan ini berdasarkan besar kecilnya saham yang anda punyai.

Semakin besar saham yang anda miliki, akan semakin besar hak anda untuk mengontrol perusahaan tersebut. Setiap pemegang saham biasanya punya kewajiban yang terbatas. Jadi jika perusahaan mengalami kerugian berarti kerugian yang ditanggung juga sebesar saham yang anda miliki. Ada beberapa kriteria saham biasa yang harus anda ketahui. Seperti hak suara dari pemegang saham, memiliki hak untuk memilih dewan komisaris. Jika perusahaan menerbitkan saham baru, pemegang saham biasa akan didahulukan dan pemegang saham memiliki tanggung jawab terbatas sesuai dengan jumlah yang diberikan.

Jenis Saham Preferen (Preferen Stock)


Pengertian investasi saham preferen ini agak sedikit berbeda dengan saham biasa. Pemilik saham preferen memiliki hak yang lebih banyak dibandingkan pemegang saham biasa. Pemilik saham preferen akan mendapatkan keuntungan dividen lebih dulu. Selain itu pemegang saham preferen memiliki hak suara yang lebih besar ketika pemilihan direksi. Dengan begitu para menagemen perusahaan, akan memberikan perlakukan yang lebih terhadap anda supaya tidak cepat lengser. Jadi saham preferen ini seperti gabungan antara saham biasa dan obligasi. Jadi anda bisa mendapatkan pendapatan tetap seperti obligasi dan juga bisa tidak sesuai dengan investo.

Karaksteristik dari saham preferen antara lain memiliki tingkatan sesuai dengan karakteristik. Tagihan terhadap pendapatan dan aktivia lebih tinggi dari pemegang saham biasa. Dividen bersifat kumulatif. Jika belum dibayar pada periode sebelumnya, maka akan dibayar pada bulan berikutnya. Bersifat konvertibiltas artisnya saham bisa ditukar dengan saham biasa. Jika ada kesepakatan yang dibuat. Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian investasi saham dan jenisnya.

 
Back To Top