Kamis, 09 Februari 2017

Bingung Menentukan Investasi Emas Atau Dollar?

Berinvestasi atau menyimpan kekayaan anda merupakan hal yang penting. Melakukan investasi bukan hanya sekedar untuk mengamankan harta kekayaan anda saja, tetapi dengan berinvestasi kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih. Maraknya peminat investasi kali ini sering membuat dilema, investasi apa yang akan menjanjikan keuntungan didalamnya. Dilema yang terjadi ini dalam menentukan pilihan akan investasi emas atau dollar. Bagi anda yang masih pemula dan tengah mengalami dilema seperti ini, sebaiknya anda menyimak artikel ini hingga selesai. Karena kita akan mengulas keduanya, yakni berinvestasi emas ataupun dollar.

Investasi Emas


Emas merupakan sebuah logam mulia dan merupakan produk investasi tertua di dunia, hingga kinipun investasi dengan emas masih menjadi pilihan dan primadona. Sebelum anda memilih investasi dengan emas, berikut kelebihan dan kekurangan dalam investasi emas.

1) Keuntungan investasi emas
- Keuntungan investasi emas yang pertama adalah memiliki likuiditas yang tinggi. Artinya ketika kita membutuhkan dana dalam waktu yang cepat, emas akan mudah dijual, digadaikan ataupun dijadikan jaminan pinjaman ke bank.

- Sebagai perbandingan investasi emas atau dollar, kita dapat mengetahui keuntungan lainnya dalam berinvestasi menggunakan emas ini. Emas akan tahan terhadap inflasi serta memiliki nilai tukar yang sama di dunia. Jadi kita dapat membawanya kemana saja.

- Cara investasi emas juga sangat mudah, bahkan orang awampun dapat berinvestasi dengan emas. Selain caranya yang mudah, harga emas juga cenderung naik dari tahun ke tahun.

2) Kerugian investasi dengan emas

Investasi Emas Atau Dollar


- Sebagai perbandingan akan investasi emas atau dollar, kita juga harus memahami kekurangannya. Kerugian yang pertama adalah emas rentan hilang dan memerlukan tempat penyimpanan yang aman.

- Memerlukan jumlah emas yang banyak serta banyaknya beredar emas palsu.

Investasi Dengan Dollar


Dollar yang menjadi mata uang Amerika ini juga sering dijadikan sebagai media investasi. Investasi dollar juga akan mendapatkan keuntungan serta kerugian, sama halnya dengan investasi dengan emas.

1) Keuntungan investasi dengan dollar

1. Tidak terevaluasi atau penurunan mata uang. Artinya bila anda memiliki 100 USD sekarang dan disimpan beberapa bulan hingga tahun sekalipun maka anda akan tetap memiliki 100 USD. Sedangkan nilai tukarnya bergantung pada kurs.

2. Sebagai tambahan jika masih galau mengenai investasi emas atau dollar, nilai tukar dollar dari tahun ke tahun semakin menguat. Bahkan jika nilai tukar uang rupiah sedang turun, anda bisa mendapatkan keuntungan dari nilai kurs yang melambung dengan menukarkannya ketika nilai kurs dollar menguat.

3. Karena ini beruap uang, jadi mudah untuk dibawa kemana mana. Anda dapat memasukkan beberapa dollar kedalam dompet jika sewaktu waktu membutuhkan uang dalam jumlah tertentu.

2) Kekurangan investasi dollar

- Jika anda ingin memilih cara investasi dollar, anda perlu memperhatikan bahwa dollar tersebut rentan akan inflasi. Karena mata uang manapun di dunia ini akan rentan dengan inflasi.

- Dollar juga rentan terlihat lusuh atau terlipat. Sehingga dapat mengurangi nilai investasi yang anda miliki.

- Sekarang tak sedikit beredar dollar palsu, jadi kita harus mengerti betul cara membedakan dollar yang asli dan palsu.

Setelah anda memahami keuntungan dan kerugian dalam investasi emas atau dollar, pastinya sekarang anda telah dapat menentukan pilihan bukan. Semua berada ditangan anda, akan memilih berinvestasi dengan dollar ataupun emas. Keduanya memiliki keuntungan serta kekurangan sendiri sendiri, dan untuk mendapatkan keuntungan kita harus selalu memantau harga pasar setiap harinya. Semoga dapat menambah informasi dan wawasan anda dalam berinvestasi, terima kasih.

 
Back To Top