Rabu, 08 Februari 2017

Investasi Emas di Bank Sebagai Pilihan Investor Muda Belajar

Bagi seseorang yang ingin mempersiapkan masa depannya dengan sebaik-baiknya, investasi mungkin dapat menjadi salah satu alternatif yang tepat. Perubahan kondisi ekonomi zaman sekarang ini yang mulai tak terprediksi, membuat kita harus sangat berhati-hati. Jadi, langkah aman untuk memulai mempersiapkan masa depan yakni dengan investasi.

Investasi adalah suatu bentuk aktivitas ekonomi yang dilakukan dengan tujuan memperoleh keuntungan finansial di masa depan. Ada dua jenis investasi yang sudah kita kenal, yakni investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Sedangkan untuk bentuknya sendiri, cukup beragam, ada investasi saham, asuransi, investasi emas, tanah atau bangunan, dan sebagainya. Dalam artikel kali ini, kita akan belajar tentang investasi emas di bank.

Investasi Emas di Bank


Emas masih dipercaya sebagai salah satu barang berharga yang harganya semakin harga akan semakin meningkat, atau dengan kata lain jarang mengalami penurunan. Hal tersebut menjadi salah satu dari beberapa keunggulan berinvestasi emas, yakni lebih aman dari dampak kemungkinan inflasi karena emas adalah logam mulia yang diperkirakan setiap tahunnya akan mengalami kenaikan harga. Keunggulan yang lainnya yakni investasi emas dinilai akan memberikan keuntungan yang lebih di kemudian hari, jika dibandingkan dengan menabung biasa atau deposito.

Oleh karena itu, belakangan ini, investasi emas diminati sebagai salah satu langkah untuk mempersiapkan masa depan. Untuk pilihan tempat berinvestasi, ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa mereka untuk investasi, di antaranya pegadaian dan bank. Bagaimana cara investasi emas di bank dan apa keunggulannya? Berikut akan kita bahas sedikit penjelasannya.

Cara Berinvestasi dan Keunggulannya

Investasi Emas di Bank


Ketika Anda memutuskan ingin berinvestasi, Anda tentu memiliki beberapa pilihan, misalnya dalam bentuk deposito, atau emas. Jika Anda ingin memiliki investasi emas di bank, caranya cukup mudah. Pertama, datangi Bank yang sudah Anda percaya (terlebih dahulu sampaikan keinginan Anda untuk berinvestasi emas di bank tersebut, kemudian minta penjelasan dari customer service untuk keterangan lebih detailnya).

Kemudian, biasanya Anda akan diminta melakukan penyetoran tunai yang nominal uang tadi akan dikonversikan ke harga emas di mana sebanding dengan nominal uang saat Anda melakukan setoran tunai. Setelah konversi tersebut, akan terlihat jumlah kepemilikan emas yang telah Anda miliki di bank tersebut. Selanjutnya, Anda akan mendapat surat bukti yang menyatakan kepemilikan emas dalam bentuk fisik.

Ketika memutuskan investasi yang akan Anda pilih, tentunya Anda sudah memperhatikan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing bentuk investasi itu sendiri. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan tujuan Anda berinvestasi dan rencana investasi yang Anda ambil. Usahakan menyesuaikan tujuan dan rencana Anda, seperti misalnya ketika ada rencana investasi dalam waktu dekat, logam mulia seperti emas mungkin bukan suatu pilihan yang pas, tetapi untuk jangka waktu kurang lebih 5 tahun, emas yang merupakan salah satu logam mulia masih cukup menjanjikan.

Berikut akan diulas, beberapa keunggulan investasi emas di bank yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan Anda merencanakan investasi dengan harapan mempersiapkan masa depan yang gemilang. Penetapan harga dilakukan di awal, hal ini tercantum dalam akad atau perjanjian yang sebelumnya dilakukan.

Ada asuransi yang menjamin investasi emas Anda. Hal ini dimaksudkan, kalau terjadi sesuatu pada bank tempat Anda berinvestasi, maka negaralah yang akan mengganti kepemilikan emas tersebut, jadi tingkat keamanannya cukup tinggi. Tidak hanya itu, biasanya bank tersebut juga akan mengeluarkan klausul yang menerangkan tentang ahli waris, sehingga apabila terjadi sesuatu dengan nama investor, maka ahli waris yang ditunjuklah yang berhak atas kepemilikan emas yang sudah diinvestasikan.

 
Back To Top