Sabtu, 11 Februari 2017

Investasi Tanah Atau Emas Manakah Yang Terbaik Untuk Pemula?

Apa yang anda persiapkan untuk menyambut masa depan? Jika ditanya seperti itu, setiaporang tentunya akan mempunyai jawabannya masing-masing. Ada beberapa dari mereka akan mulai menabung dari sekarang agar kelak di masa depan atau masa tuanya tidak terlalu kesulitan ketika menghadapi kebutuhan yang semakin mendesak. Ada juga sebagian lainnya yang mempersiapkan masa depannya dengan melakukan investasi.

Investasi dianggap cara yang paling cepat untuk mengembangkan pundi-pundi keuangan anda. Kaitannya dengan investasi, banyak barang atau bentuk investasi yang bisa dipilih, namun demikian tidak serta merta barang anda bisa menjadikannya sebagai barang investasi karena ada pertimbangan-pertimbangan yang perlu dipikirkan jika anda ingin berinvestasi. Jika ditanya apa investasi terbaik untuk pemula? Maka kemungkinan yang paling aman dan menguntungkan ialah investasi tanah atau emas. Investasi tanah atau emas memang sedang menjadi perbincangan dikalangan banyak orang.

Investasi Tanah atau Emas


Kemudian, jika ditanya lebih manakah yang menguntungkan investasi tanah atau emas? Pada dasarnya keduanya merupakan jenis investasi yang menguntungkan dan cukup aman. Hal tersebut disebabkan karena harga kedua barang tersebut tiap tahunnya terus mengalami kenaikan dan lebih stabil dibandingkan dengan investasi selain keduanya, misalkan reksadana. Sebaliknya kedua investasi terbaik untuk pemula tersebut juga memiliki kekurangan. Anda bisa saja tidak mendapatkan keuntungan ketika memang investasi tersebut tidak dilakukan dengan benar dan didasari ilmu. 



Layaknya semua barang atau aset yang ada di dunia semunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dalam berinvestasi baik emas maupun tanah keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karenanya, kita dituntut untuk bisa memilih yang memiliki resiko kerugian yang paling kecil hal tersebut bertujuan agar langkah anda dalam berinvestasi juga semakin aman dan membuat tenang. Jika dilihat sekilas, keduanya baik emas maupun tanah itu hampir tidak mungkin bisa rugi, namun ternyata keduanya bisa membuat anda rugi.

Tanah atau Emas


Jika kita berbicara mengenai emas, sebenarnya logam mulia ini bisa dikatakan sebagai uang istimewa. Mengapa demikian? Emas merupakan salah satu komoditi yang bisa diterima dimanapun, jika anda pergi ke Negara lain dan anda ingin menjual emas yang anda miliki, kemungkinan tersebut masih bisa terjadi. Hal tersebut tentunya sangat berbeda dengan uang biasa yang sering kita gunakan selama ini. Anda perlu menukarnya ke dalam mata uang yang diakui dalam Negara tersebut jika anda ingin bertransaksi atau membeli sesuatu.

Selain itu jika anda mendapati uang anda sobek yang cukup parah kemungkinan uang anda sudah tidak ada lagi yang mau menerima kecuali bank yang memproduksi uang tersebut. Hal tersebut berbeda dengan emas, meskipun telah patah emas batangannya hal tersebut tidak membuat emas menjadi tidak laku untuk dijual. Namun demikian bukan berarti emas tidak memiliki kelemahan, harga emas mengikuti harga yang berlaku dipasar global dan kemungkinan bisa sangat besar, harga emas sewaktu-waktu bisa turun karena suatu konflik atau kebijakan yang berlaku di berbagai belahan dunia ini.

Sedangkan tanah, tanah merupakan aset investasi yang sangat menggiurkan karena karena harganya yang cenderung akan naik tiap tahunnya. jika harga emas terpengaruh harga global dan bisa naik atau turun dikemudian hari. Tidak begitu dengan tanah karena harganya yang terus melonjak tinggi. Namun seperti halnya emas, investasi tanah juga memiliki kekurangan diantaranya, proses penjualannya yang memakan waktu cukup lama. Dengan demikian, jika anda butuh uang mendadak dari investasi tanah kemungkinan akan memakan waktu yang cukup lama.

Itulah baik keuntungan dan kekurangan investasi tanah atau emas

 
Back To Top