Kamis, 09 Februari 2017

Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Dengan Koin Emas

Sejak dahulu emas memang dijadikan sebagai barang investasi oleh masyarakat. Tetapi orang dahulu lebih menginvestasikan emas dalam bentuk kalung, gelang, cincin atau perhiasan lainnya. Bahkan untuk investasi emas juga dipakai sebagai gigi emas. Sayangnya kini menyimpan emas dalam bentuk perhiasan kurang begitu diminati, mereka beralasan harga jualnya sering turun.

Karena kadang emas memiliki goresan atau sedikit kerusakan yang membuat emas perhiasan tersebut memiliki harga jual yang menurun. Semakin majunya zaman investasi emas pun ikut berkembang, dengan adanya investasi koin emas atau dinar serta emas batangan. Bagi anda yang baru akan memulai investasi, sebaiknya baca artikel ini terlebih dahulu.

Kelebihan Yang Dimiliki Koin Emas Atau Dinar


1. Koin emas lebih kuat dibandingkan dengan emas batangan, karena dinar memiliki kadar 22 karat. Sehingga ketika jatuh atau terbentur, koin emas ini tidak akan mudah lecet dan harga jualnyapun akan terjaga.

2. Bila ingin menjual kembali koin emas tersebut, selisih harga ketika kita membeli dan menjualkannya hanya berkisar 4% lebih rendah. 

investasi koin emas


3. Dinar atau koin emas tersebut memiliki satuan tunggal, jadi sangat fleksibel untuk diperjual belikan. Misalnya saja kita memiliki 10 koin emas, dan kita membutuhkan biaya yang setara dengan 2 keping koin emas. Kita dapat menjualkan 2 koin emas tersebut dan 8 sisanya tetap bisa kita simpan.

4. Harga standart dari investasi koin emas ini berlaku secara nasional, maksudnya harga koin dari Jawa akan sama dengan harga koin emas di Kalimantan. Jadi kemanapun kita pergi tidak perlu mengkhawatirkan mengenai harga jual koin.

5. Bila kita ingin menggadaikan koin emas tersebut ke sebuah bank syariah, pihak bank biasanya akan memberikan nilai mencapai 90% dari nilai taksirannya.

6. Koin emas dinar ini juga berlaku secara internasional, dibuktikan dengan adanya sertifikat dari Komite Akreditasi nasional dan London Bullion Market Association.

7. Masih belum puas dengan kelebihan investasi koin emas tadi? Masih ada kelebihannya, khusus bagi anda yang seorang muslim. Investasi koin emas ini merupakan investasi yang sesuai dengan syariat Islam, koin emas tersebut juga dapat dijadikan sebagai mahar atau mas kawin.

8. Agen penjual koin dinar akan memiliki kewajiban membeli kembali koin dinar dari para nasabahnya jika nasabahnya ingin menjual koin dinar tersebut.

Kekurangan Dari Koin Emas


Setelah kita mengulas mengenai kelebihan dalam berinvestasi menggunakan koin emas, kini saatnya kita mengupas kekurangan yang dimiliki oleh dinar tersebut.

1. Kekurangan investasi koin emas yang pertama adalah dinar ini akan dikenai pajak. Koin emas akan dikenai pajak pertambahan nilai sebesar 10%, karena koin ini termasuk dalam golongan perhiasan.

2. Selain itu investasi koin emas juga kurang begitu populer dikalangan masyarakat. Sehingga membuat sebagian toko emas tidak mau membelinya, karena tidak terbiasa dengan dinar. Kalau mau itupun akan dibanderol dengan harga yang lebih rendah dari harga standart dari agennya.

3. Tidak semua toko emas menyediakan dinar karena koin emas tersebut hanya diperjual belikan di tempat tempat tertentu. Jarangnya penjual pastinya membuat kita sedikit sulit menemukan toko emas yang menjualnya.

Itulah sedikit yang dapat kita kupas mengenai kelebihan dan kekurangan dalam investasi koin emas. Semuanya bergantung pada pilihan anda, yang jelas kelebihan yang dimiliki lebih banyak dibandingkan dengan kekurangannya. Sehingga sangat pas dijadikan sebagai komoditi investasi kekayaan anda.

 
Back To Top