Selasa, 07 Februari 2017

Mempersiapkan Masa Depan Dengan Investasi Saham Jangka Pendek

Masa depan atau hari yang akan datang tentu menjadi misteri tersendiri bagi setiap orang. Oleh karena itu, beberapa orang mulai merencanakan banyak hal untuk mempersiapkan masa depanyang cerah, salah satunya dalam bidang keuangan. Investasi merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan harapan dapat mendapat keuntungan dari adanya kegiatan finansial yang dilakukan di kemudian hari. 

Ada banyak jenis dan bentuk investasi yang tersedia saat ini. Jenisnya dibedakan menjadi investasi jangka panjang dan pendek. Beberapa di antara keduanya ialah tabungan bank, saham, emas, deposito, tanah, bangunan, dan yang lainnya. Dan yang sering menjadi pilihan masyarakat kita saat ini adalah investasi saham jangka pendek.

Saham adalah tanda bukti kepemilikan seseorang dalam perusahaan atau perseroan terbatas. Wujud saham itu sendiri biasanya berbentuk selembar kertas yang menyatakan bahwa nama yang tercantum dalam kertas tersebut ialah pemilik perusahaan dengan porsi sekian persen. Surat ini biasanya dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Investasi saham jangka pendek dapat merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi kita yang memiliki harapan akan kondisi keuangan yang prima. Untuk itu, kita perlu mempertimbangkan beberapa hal agar dapat memilih saham berkualitas sehingga mendatangkan profit terbaik di kemudian hari.

Hal yang Perlu Diperhatikan Investasi Saham Jangka Pendek


Tujuan Investasi

Bila Anda termasuk pemula dalam bidang investasi saham dan baru tertarik memulainya, Anda perlu memutuskan terlebih dahulu tujuan Anda berinvestasi. Apakah untuk perencanaan sumber keuangan sekunder atau untuk pengembangan dana itu sendiri. Hal ini penting agar Anda dapat menentukan langkah selanjutnya dalam berinvestasi. 

Investasi Saham Jangka Pendek


Misal target yang ingin dicapai dan waktu yang direncanakan. Target yang ingin dicapai seperti return yang ingin diperoleh dan jangka waktu yang ditetapkan untuk pencapaian target tersebut. Dalam hal ini, kita memilih investasi saham jangka pendek yang akan berfokus pada kapan waktu yang tepat untuk menjual dan membeli saham.

Tren perusahaan

Sebelum terjun ke dunia investasi, Anda perlu memperhatikan hal-hal penting yang harus diketahui ketika akan menanamkan saham di suatu perusahaan. Nah, salah satunya adalah tren perusahaan yang akan menggambarkan keadaan ekonomi perusahaan tersebut. Ketika memperhatikan tren pendapatan profit atau net income, Anda perlu mengamati apakah ada pertumbuhan fluktuatif yang terjadi atau konsisten dan bagaimana secara umum tren margin bergerak, apakah naik atau turun. Hal ini akan berpengaruh pada harga saham yang akan Anda miliki di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, lakukan penyelidikan singkat tentang tren perusahaan yang Anda tuju sebelum memutuskan untuk berinvestasi di situ.

Riwayat harga saham

Secara umum, kebanyakan orang menganggap bahwa investasi saham adalah investasi jangka panjang. Padahal, kalau kita memperhatikan dengan detil, hal ini juga dapat digunakan untuk investasi jangka pendek. Untuk itu, sebelum terjun berinvestasi, Anda perlu melakukan pengecekan terhadap riwayat harga saham perusahaan yang Anda incar. 

Bagaimana pergerakan sahamnya? Berapa lama saham perusahaan itu diperdagangkan? Hal-hal seperti itu sangat penting untuk diketahui para investor, karena mengingat yang akan diinvestasikan adalah uang dengan nilai yang cukup besar. Kesalahan dalam pemilihan saham dapat menyebabkan nilainya berkurang atau mendapatkan kerugian, bukan keuntungan atau profit yang direncanakan sebelumnya.

Resiko

Setiap keputusan selalu ada resiko sebagai konsekuensinya. Begitu pun dengan investasi saham jangka pendek. Nah, ketika akan terjun dalam dunia pasar modal dengan berinvestasi, sebelumnya kita harus sudah mengetahui resiko yang akan dihadapi nantinya. Dari hal-hal tersebut, Anda sudah dapat mempersiapkan jika menghadapi kemungkinan terburuk sebagai resikonya, dan langkah apa yang perlu diambil untuk mengatasinya.

 
Back To Top