Sabtu, 11 Februari 2017

Tips Investasi Emas Di Pegadaian Lebih Menguntungkan

Sampai saat ini, emas masih dianggap sebagai benda yang memiliki nilai tukar stabil. Bahkan emas juga menjadi investasi terfavorit selain saham, deposito, rumah, dan perkakas lainnya. Sehingga tidak jarang, banyak investasi yang mengatas namakan emas sebagai jargon utamanya. Sayangnya, banyaknya minat nasabah untuk mengikuti investasi tidak diimbangi dengan pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni. Alhasil, mereka malah terjebak dalam investasi bodong yang berujung pada kerugian. Sebenarnya, banyak cara untuk menyimpan emas sebagai nilai investasi yang aman selain di bank. Nah, ini adalah lima tips investasi emas di pegadaian yang perlu diketahui.

Tips Investasi Emas di Pegadaian


Tips investasi emas di pegadaian yang pertama, menitipkan emas ke Pegadaian. Emas yang nantinya dititipkan tidak akan hilang karena kita juga mendapatkan asuransinya. Emas tersebut akan dikenakan charge dengan nominal Rp 20.000,- per 100 gram setiap bulan. Semisal, kita menaruh emas seberat satu kg, maka biaya setiap bulan senilai Rp 200.000,-. Dengan menaruh emas disana, setidaknya kita tidak perlu khawatir akan ada masalah dengan emas kita. Terlebih, kita juga mendapatkan uang gadaian emas tersebut. Sehingga, pada jangka waktu yang disetujui, kita dapat mengambilnya.

Tips Investasi Emas di Pegadaian


Tips investasi emas di pegadaian yang kedua adalah mencicil. Kita dapat melakukan cara ini dengan cara mendatangi kantor pegadaian dan memilih logam yang diinginkan. Kemudian kita diwajibkan untuk membayar uang muka atau down payment sebesar 20-30 persen dari nilai emas tersebut. Lamanya cicilan emas investasi ini dapat ditentukan dengan kesepakatan bersama dengan pegadaian. Biasanya, mereka akan memberikan rentan waktu antara 1 bulan hingga 36 bulan. Adapun tenor cicilannya, ini berhubungan dengan besar kecilnya jumlah cicilan. Pasca menentukan emas dan menyelesaikan administrasi, kita dapat menerima barangnya sekitar 1 hingga 2 minggu setelah waktu pelunasan.

Menabung dan Arisan Emas


Ketiga, tips aman investasi emas di pegadaian ialah dengan menabung di sana. Konsep tabungan ini dimaksudkan dengan cara membeli, menitipkan, dan langsung mencairkannya. Artinya, kita sedang menarik tabungan. Untuk program yang satu ini, kita sangat dimudahkan dengan nilai nominal Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,-, kita sudah dapat berinvestasi emas dengan berat 0,01 gr. Lalu bagaimana dengan harga emasnya? Jangan kuatir, harga emas tersebut akan disesuaikan dengan harga emas dari transaksi awal dari berat terendah pada saat itu.

Tips investasi pakai emas di pegadaian yang keempat adalah menggadaikannya. Ini adalah cara yang paling lazim dilakukan. Emas kita akan dihargai 85 % nya. Jadi, ketika estimasi harga emas kita senilai 2 juta, maka kita akan mendapatkan dipinjaman sebesar Rp 1.7000.000,-. Biasanya, prosedur penitipan ini hanya berlaku hingga empat bulan, namun jangka waktu tersebut dapat diperpanjang dengan menambahkan uang sewa termasuk asuransinya. Sedikit perbedaan, Pegadaian berbasis syariah akan menghitung masa pinjaman per 10 hari, sedangkan Pegadaiaan Konvensional lima hari lebih lama.

Terakhir, tips investasi emas di pegadaian dengan mengikuti arisan. Kita dapat mendaftar program ini dengan mengajukan surat permohonan yang terdiri dari enam orang minimalnya. Setiap kali pengundian selama sebulan, terlebih dahulu didasarkan pada perjanjian seperti sekeping emas atau maksimalnya tidak terbatas. Untuk masalah ini, setiap anggota harus menentukannya berdasarkan kemampuan sehingga tidak memberatkan. Meskipun harga emas terkadang mengalami fluktuasi, harga di Pegadaian tidak akan terpengaruh. Pasalnya, harga tersebut akan paten pada saat kita mengajukan permohonan.

 
Back To Top