Kamis, 09 Februari 2017

Tips Investasi Emas Pada Pegadaian Syariah

Pegadaian syari'ah adalah sebuah pegadaian yang selalu siap melayani anda dalam transaksi keuangan serta investasi emas dengan prosedur yang mudah. Untuk memulai investasi emas dipegadaian syari'ah yang paling tepat adalah ketika harga emas berada pada posisi rendah yang ditandai dengan menurunnya nilai dollar Amerika Serikat. 

Ketika nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika sedang menguat atau nilai dollar rendah, maka harga emas akan ikut rendah karena harga emas menggunakan standar penilaian mata uang dollar amerika serikat. Sehingga Investasi emas pegadaian syari'ah akan menguntungkan anda sebagai pelaku investasi di pegadaian syari'ah.

Investasi emas termasuk investasi yang aman dan menguntungkan, sebab nilai emas cenderung naik dari masa ke masa. Oleh karena itu, investasi dalam bentuk emas dapat dikatakan sebagai investasi menguntungkan dengan resiko yang relatif kecil. Namun, profit yang dapat anda ambil dari investasi emas biasanya berjangka panjang. Kecuali jika anda melakukan trading emas di pasar modal yang beresiko besar akan kegagalan. Apabila anda memutuskan untuk investasi emas di pegadaian syari'ah, maka anda dapat berinvestasi dengan cara tunai atau kredit.

Investasi Emas Pegadaian Syari’ah


Adapun investasi emas pegadaian syari'ah tidak menggunakan sistem bunga yang artinya biaya gadai atau pinjaman tidak akan berpengaruh terhadap kenaikan tingkat suku bunga dari Bank sentral. Masalah biaya sewa ataupun gadainya disepakati oleh kedua belah pihak dengan biaya yang menjangkau tentunya bila dibandingkan dengan pegadaian konvensional yang menerapkan sistem bunga pada pinjamannya. Sehingga pegadaian syari'ah dapat menjadi pilihan terbaik untuk berinvestasi emas.

Investasi Emas Pegadaian Syari’ah


Tips investasi emas pada pegadaian syari'ah, yaitu: pertama, menentukan metode investasi yang akan anda gunakan serta menentukan tujuan investasi anda. Di pegadaian yang berbasis syari'ah, anda akan ditawarkan dengan beberapa layanan investasi emas yaitu tabungan emas, mulia, konsinyasi emas. Layanan tabungan emas yang disediakan oleh pegadaian syari'ah tersebut sama halnya dengan menabung di Bank, anda dapat membuka tabungan menggunakan nilai yang dikonversikan dengan nilai emas.

Sedangkan layanan mulia sama seperti jual beli emas biasa. Anda bisa menggunakan layanan tersebut untuk membeli emas dan nanti emas tersebut dijual kembali apabila harga emas naik. Sementara untuk layanan konsinyasi emas yang ditawarkan pegadaian syari'ah menggunakan prinsip bagi hasil atau yang dalam bahasa muamalahnya dikenal dengan nama mudharabah.

Tips kedua investasi emas pegadaian syariah yaitu melakukan survey terhadap berbagai biaya yang akan dibebankan. Sebelum anda memulai investasi, anda harus mempertimbangkan biaya yang akan dibebankan kepada anda. Sebagai contohnya jika anda hendak membeli emas, perhatikanlah harganya. 

Tips ketiga untuk para penginvestasi emas yaitu bergabung di pegadaian syari'ah menggunakan layanan berkebun emas yang metodenya dengan cara menggadaikan emas untuk memperoleh modal awal dan hasil penggadaian digunakan untuk membeli emas. Emas yang anda beli tersebut digadaikan kembali untuk membeli emas lagi, begitu seterusnya hingga target profit anda tercapai. Anda harus mengetahui bahwa tips yang ketiga ini bersifat high return dan beresiko tinggi karena saat menggadai emas, anda harus mengeluarkan uang sewa untuk emas tersebut.

Pegadaian syari'ah pegadaian yang menawarkan Investasi emas pegadaian syari'ah untuk tujuan mengamankan kekayaan, mempertahankan nilai beli di masa depan, dan memenuhi rencana masa depan. Umumnya, masyarakat Indonesia biasanya menerapkan metode investasi dengan cara pembelian emas saat harganya murah yang kemudian dijual ketika harganya tinggi. Cara tersebut memang sangat klasik, namun tidak ada salahnya anda mencobanya dengan catatan anda harus sedikit bersabar untuk mendapatkan keuntungan.

 
Back To Top